kakek penjual kupluk (Abah Amang)

25/09/2017
foto saat abah berjualan kupluk malam hari

Berawal dari postingan founder Komunitas Laskar Koin Seribu yang memiliki pengalaman bertemu dengan seorang kakek yang masih berjualan padahal sudah larut malam sekitar pukul 23 : 00 WIB – kakek ini berjualan kupluk yang dihargai per satu kupluknya yaitu Rp. 1000,- dan kakek ini gigih untuk menawarkan kepada semua orang yang melintas di depannya, kebetulan saat itu founder Komunitas Laskar Koin Seribu Kang Ajri Fathurrahman sedang melintas dan dihampiri oleh kakek tersebut dan ditawarinya kupluk, dan akhirnya kang ajri dan istri meberikan beberapa puluh ribu kepada kakek tersebut dan sempat merekam kejadian tersebut melalui ponsel nya berupa foto, dan pada akhirnya di upload ke facebook   akun miliknya, tidak lama dari setelah di upload kakek ini pun menjadi viral di akun milik kang Ajri hampir menarik sekitar 4,4 ribu orang yang merespon postingan tersebut, 6.574 dibagikan oleh para pengguna facebook sontak kakek ini pun menjadi terkenal dan banyak orang yang mencari kakek tersebut. 

penjelasan abah tentang hidupnya kepada anak komunitas

Akhirnya dalam beberapa kesempatan kami dari Komunitas Laskar Koin Seribu mencoba mencari kakek ini kembali, hampir 2 kali beruturut turut kami coba mencari ke lokasi yang sama dan pada jam yang sama tapi kakek tersbut tidak pernah dapat kita temu. dan pada akhirnya kami coba menanyakan kepada juru pakir yang biasa ada di lokasi dimana si kakek ini selalu menjajakan hal buah tanggannya. Pada hari ke dua tepatnya hari, Jum’at 28 Oktober 2016 kami coba untuk mencari alamat kakek tersebut, bermodalkan informasi yang kami dapatkan dari beberapa komentar yang ada di postingan facebook juga juru parkir yang biasa berinteraksi dengan beliau, dan akhirnya dengan izin Allah SWT kami dimudahkan dalam menemukan alamat kakek tersebut.

kondisi kamar tidur abah (hanya beralaskan tikar & sejadah)

kami ber-6 perwakilan dari komunitas bertemu langsung dan berinteraksi langsung dengan kakek penjual kupluk ini, dengan muka yang penuh dengan senyum ramahnya kami pun dipersilahkan untuk masuk dan diajak kedalam ruangan temapat kakek tersebut tidur, sontak kami ber-6 kaget melihat tempat dimana kakek ini tertidur, kakek ini hanya tidur beralaskan tikar, juga sejadah tidak ada sama sekali tampak kasur sama sekali, akhirnya kami pun mengobrol dan mendapatkan beberapa pesan dari kakek penjual kupluk ini, nama kakek penjual kupluk ini adalah abah amang. Abah amang ini berpesan kepada kami bahwa

1. harus selalu berusaha

inilah pesan yang selalu ia sampaikan, bahwa segala sesuatu yang kita terima itu harus berdasarkan usaha kita, karena jika kita tidak pernah mau berusaha maka dalam hiduppun akan selalu sulit, apalagi di usia senja seperti abah amang ini, dan abah amang ini oleh kami sempat diberkan beberapa ratus ribu untuk abah amang, namun ditolaknya. Abah amang ini menolak diberikan uang tanpa hasil usaha dia sendiri, dia ingin jika kita memberikan uang itu ditukar dengan kupluk yang selalu ia buat. Abah amang ini pun dalam seharinya mampu memproduksi kupluk sebanyak 15pcs dan dihargai hanya 1000,- berarti dalam sehari abah amang jika kupluk ini laku dan habis terjual maka hanya mengantongi sebesar 15.000,- saja, tapi abah amang ini tetap tawakal juga bersabar, bahkan abah amang ini pun selalu berbagi kepada anak-anak kecil yang selalu datang ke rumahnya.

2. bersabar dalam keadaan apapun

pesan kedua ini yang disampaikan kepada kami bahwa kami harus selalu bersabar dalam kondisi apapun, terutama dalam mencari rejeki, karena menurut penuturuan beliau rejeki itu seperti bola, yang menggelinding, akan terus berputar dan rejeki mah ga akan kemana-mana. itulah pesan Abah amang yang disampaikan kepada kami, InsyaAllah komunitas kami akan selalu hadir untuk silaturahmi ke rumah siabah dan akan memberikan beberapa bingkisan untuk abah amang.

senyum ramah abah amang (penjual kupluk)

disini akan kami lampirkan video percakapan kami dengan abah amang

https://www.facebook.com/azri.fathurrahman/videos/pcb.10205622569602225/10205622500960509/?type=3&theater

Posted in Artikel, Kegiatan by admin